Bisnis Online Internet Makin Menjanjikan

Sejak lama saya meyakini bahwa bisnis online melalui internet memiliki prospek yang tinggi. Memang infrastruktur internet di Indonesia tidak merata. Sebagian kota besar dapat dengan mudah dan cepat akses internet. Sementara ujung lain negeri ini kesulitan koneksi internet. Tetapi masalah akses internet akan segera teratasi dengan berjalannya waktu.

Beberapa hari yang lalu saya belanja melalui internet dan berhasil dengan baik.

Saya membutuhkan baterai laptop. Lalu saya tanya ke teman. Saya memperoleh saran agar membeli baterai laptop melalui internet saja.

Saya memang hendak membeli baterai melalui internet. Tetapi saya ingin membandingkan dengan belanja ke toko fisik. Hari Selasa sore saya berkunjung mall elektronik terbesar di Bandung: BEC.

Setelah tanya sana-sini dapat info bahwa toko baterai ada di lantai atas dekat food court. Sampai lantai atas ternyata tidak ada toko baterai. Yang ada memang gerai makanan. Ya sudah makan dulu saja.

Setelah makan saya lanjutkan perburuan mencari baterai dengan mengunjungi puluhan toko di BEC. Hasilnya nihil. Tidak ada satu toko pun yang menyediakan baterai laptop yang aku butuhkan. Satu toko menawari,

“Kalau mau pesan dapat kami carikan Pak.”

“Harganya berapa?”

“Sekitar satu juta.”

“Tidak dulu deh…terima kasih.”

Besok paginya saya di rumah langsung mencoba belanja online. Dengan bantuan google saya berjumpa dengan tokobaterai.com. Masih dengan bantuan google saya mendapatkan baterai yang saya butuhkan. Dengan beberapa klik saya menyelesaikan order.

Siangnya saya transfer harga baterai plus ongkos kirim yang kurang dari 1 juta. Harga totalnya adalah 245.000 rupiah, jauh dari 1 juta.

Pihak tokobaterai.com mengirimi saya beberapa email tentang transaksi saya dengan baik. Mereka menjanjikan 1 – 2 hari baterai akan tiba ke tempat saya. Ternyata 1 hari baterai sudah saya terima.

Luar biasa! Bisnis online memang menjanjikan.

Bagaimana menurut Anda?

Salam hangat…

aGus NGGERmanto

3 Responses to Bisnis Online Internet Makin Menjanjikan

  1. Saya seringkali memanfaatkan internet utk belanja dan sesekali menjual. Nampaknya trend ke depan bakal lebih banyak lagi yg akan memanfaatkan internet untuk bisnisnya.

    Dulu saya pernah mencoba SAAS (software as a service) atau ASP (application service provider). Hanya saja mungkin dulu terlalu dini, dimana internet masih belum secepat & seluas sekarang. Tapi bisnis SaaS bakal menjadi trend di kemudian hari.

    Salam hangat

  2. GusNGGER says:

    Terima kasih Emanuel atas sharingnya.

    Saya sepakat bahwa SaaS akan menjadi trend di suatu hari.

    Salam hangat,

  3. negeribocah says:

    walau belum membudaya seperti di negara tetangga, pelan tapi pasti, belanja online sudah menjadi kebutuhan di negara kita. kemudahan akses membuat orang lebih senang memakai fasilitas ini.
    sy juga suka malas harus macet di jalanan ibukota kalau hanya membeli barang2 yg kecil. belanja online menghemat waktu, tenaga dan pikiran
    salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s