Penyatuan Hisab – Rukyat, Idul Fitri Bersama-sama

Idul fitri 2011 terjadi perbedaan. Idul fitri 2012 ini akan bersamaan semua. Tetapi awal ramadhan 2012 sudah terjadi perbedaan. Meski demikian tetap ada upaya-upaya menyatukan semuanya.

Saya membaca artikel yang menarik tentang penyatuan hisab – rukyah dari blognya Pak Jamaluddin. Beliau yakin bahwa bersatu itu sangat mungkin. Dan memang penting untuk bersatu dalam berlebaran.

Kemudian saya memberi komentar tentang artikel tersebut sebagai berikut ini.

Salam Pak Djamaluddin,

Artikel yang sangat bagus sekali.
Saya setuju dengan ide Anda.

Saya setuju Muhammadiyah harus berbesar hati untuk mempertimbangkan pendekatan alternatif selain wujudul hilal.

Untuk mendukung pertimbangan itu saya mengusulkan imkanur rukyah istilahnya dikembalikan menjadi hisab imkanur rukyah. Istilah terakhir ini tampaknya akan lebih mudah diterima oleh pendukung hisab karena mencatumkan istilah hisab secara eksplisit.

Saya juga mengusulkan logika “kemungkinan” imkanur rukyat agar lebih terbuka.

Negasi dari “mungkin dapat dilihat” adalah:

A. “tidak mungkin dapat dilihat”
B. “mungkin tidak dapat dilihat”

Saya mengusulkan yang B.

Jadi, jika memperhatikan tinggi hilal – asumsikan yang lain sudah memenuhi –

1. Tinggi hilal lebih dari limit maka hilal mungkin dapat dilihat dengan rukyah (keyakinan di atas 99%?)

2. Tinggi hilal kurang dari limit maka hilal mungkin tidak dapat dilihat dengan rukyah. (Tapi masih positif).

3. Tinggi hilal kurang dari nol maka hilal tidak mungkin dapat dilihat.

Terima kasih…
agus Nggermanto

Anda juga dapat langsung membaca artikel bagus itu dengan langsung mengunjungi:

Bagaimana menurut Anda?

Salam hangat…
GusNgger | agus Nggermanto

This entry was posted in sosial and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

