Lebih Baik Sakit Gigi dari pada Sakit Hati

Dulu kita pernah mendengar ungkapan lagu yang terkenal,

“Lebih baik sakit gigi ini dari pada sakit hati.”

Apakah benar begitu?

Mungkin kita yang berusia belasan tahun pasti sudah pernah merasakan ngilunya sakit gigi. Begitu kok dikatakan lebih baik. Sedangkan anak remaja yang sama mungkin belum pernah sakit hati. Memang sakit hati itu, lebih parah.

Yang umum terjadi adalah orang yang sakit hati mengatakan bahwa lebih baik sakit gigi saja. Tinggal minum obat pereda sakit maka rasa sakit gigi sudah hilang. Dengan cara berpikir seperti ini maka sakit hati makin terasa sakit – lebih sakit dari sakit gigi.

Sebaliknya, orang yang sedang sakit gigi mengatakan lebih baik sakit hati saja. Tinggal bernyanyi karaoke saja maka sakit hati sudah hilang. Apa lagi sambil nonton bioskop kesayangan maka sakit hati berubah menjadi gembira hati. Dengan cara berpikir seperti ini maka sakit gigi benar-benar menjadi sakit yang paling menyiksa.

Lebih baik tidak sakit. Memang benar. Seandainya manusia selalu dapat memilih tidak sakit maka tidak sakit itu lebih baik. Tetapi manusia hanya bisa memilih menjaga kesehatan. Sedangkan bila terlanjur sakit maka manusia tidak dapat menolaknya.

Begitu juga dengan sakit hati. Bila sudah terlanjur maka manusia tidak dapat menolaknya. Manusia hanya dapat bersiap-siap agar tidak sakit hati – dengan melatih pikiran dan jiwa.

Baik sakit gigi atau sakit hati adalah suatu tanda. Tanda ada sesuatu yang terjadi yang tidak beres. Sakit gigi misalnya tanda adanya kesalahan di masa lampau dalam menjaga kebersihan gigi. Atau ada kesalahan dalam mengkonsumsi makanan.

Jadi, sakit gigi adalah sebuah tanda bagi kita untuk memperbaiki cara hidup. Bahkan jika sakit gigi hanya karena dimakan usia pun juga sebuah tanda agar kita memperbaiki hidup.

Kira-kira sakit hati sebagai tanda apakah gerangan?

Bagaimana menurut Anda?

Salam hangat…
aGus NGGERmanto

This entry was posted in sosial and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s