Perbedaan adalah Rahmat, untuk Siapa?

Ungkapan,

Perbedaan adalah rahmat

sudah sangat akrab di telinga kita.

Beberapa orang mengatakan bahwa itu adalah hadis nabi. Tapi ada yang menolak bahwa ungkapan itu hadis dan mengatakannya sebagai hadis palsu. Perdebatan ini menjadi bahan diskusi tersendiri.

Pada tulisan ini saya justru ingin mengulas makna ungkapan bahwa perbedaan adalah rahmat – tidak masalah dari mana asal ungkapan ini.

Perbedaan adalah rahmat merupakan kebenaran sejati di alam semesta. Alam semesta ini penuh dengan perbedaan. Ada siang ada malam. Ada laki ada perempuan. Ada hitam ada putih. Setiap mata kita menatap alam maka kita selalu menemukan perbedaan. Sedangkan alam ini adalah manifestasi kasih sayang tuhan, manifestasi rahmat tuhan.

Perbedaan adalah rahmat.

Berbeda dalam kebenaran adalah rahmat. Misalnya anak pertama saya ingin membantu orang miskin dengan memberi mereka makanan. Sedangkan anak kedua saya ingin membantu orang miskin dengan memberi pakaian. Mereka berbeda – dua anak saya. Lalu saya minta mereka menjalankan ide masing-masing berdasarkan pertimbangan matang. Anak pertama menolong dengan makanan. Sedangkan anak kedua menolong dengan pakaian. Berbeda dalam kebenaran adalah rahmat.

Bagaimana perbedaan dalam kejahatan? Pencuri pertama ingin mencuri uang. Pencuri kedua ingin mencuri emas. Mereka berbeda. Apakah perbedaan dalam mencuri adalah rahmat? Tidak. Sama sekali tidak!

Perbedaan dalam mencuri adalah laknat. Bahkan persamaan dalam mencuri juga tetap laknat. Jika dua pencuri di atas sepakat untuk mencuri uang maka persamaan mereka tetap laknat.

Sedangkan perbedaan dalam kebaikan adalah rahmat. Begitu juga persamaan dalam kebaikan juga rahmat. Jadi, jika dua anak saya akhirnya sepakat menolong orang miskin dengan menyalurkan makanan maka persamaan ini tetap rahmat.

Hanya saja ungkapan “perbedaan adalah rahmat” memiliki kekuatan tersendiri. Ungkapan ini mendorong kita untuk saling menghormati, menghargai, dan toleransi. Diskusi dengan semangat ini menjadi lebih hidup. Ide-ide kreatif juga lebih produktif dengan pandangan “perbedaan adalah rahmat”.

Terakhir, dari mana Anda berasal? Anda hadir karena perbedaan ayah dan ibu Anda. Karena ayah Anda laki-laki dan ibu Anda perempuan maka mereka dapat menghadirkan Anda di dunia ini – dengan izinNya. Bayangkan apa yang akan terjadi jika seluruh manusia di dunia adalah laki-laki. Atau bagaimana jika semua manusia adalah perempuan? Maka bahaya kepunahan akan mengancam manusia.

Perbedaan adalah hakikat alam semesta. Perbedaan ada di mana-mana. Perbedaan adalah rahmat untuk seluruh alam semesta.

Bagaimana menurut Anda?

Salam hangat…
aGus NGGERmanto

This entry was posted in sosial and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s