Kata-kata Awal yang Menggugah Makna

Pertama, puasa.

Sangat akrab di telinga kita kata puasa. Meski ketika hidup di tanah Sunda saya lebih sering mendengar ungkapan “shaum” yang tampaknya diambil dari bahasa Arab.

Apakah puasa itu?

Puasa adalah menaham makan dan minum – dan hal-hal yang membatalkan – mulai pagi sampai maghrib. Meski pengertian puasa seperti ini dianggap puasanya orang awam tetapi tidak ringan menjalaninya. Mungkin puasa satu atau dua hari tidak terlalu berat. Tetapi puasa satu bulan penuh adalah tugas besar yang perlu perjuangan.

Bahkan tahun lalu saya mendengar kabar bahwa para pilot disarankan untuk tidak berpuasa. Pilot membutuhkan konsentrasi tinggi. Puasa dapat menurunkan tingkat konsentrasi yang dapat menyebabkan hal-hal berbahaya bagi pilot dan seluruh penumpang. Runyamnya, di bulan puasa, jam terbang pilot justru bertambah padat apalagi menjelang waktu mudik.

Bagaimana menurut Anda?

Puasa dalam arti kedua adalah menahan nafsu dari perbuatan tercela. Mangarahkan diri untuk selalu berbuat amal kebaikan. Bukan hanya menahan makan dan minum saja. Tetapi puasa jiwa. Bahkan puasa jiwa ini tidak dibatasi di waktu siang saja. Seluruh waktu, jiwa harus terus berpuasa. Bulan ramadhan ini adalah momentum untuk memulai dan memperbaiki puasa jiwa.

Koruptor, tentu saja gagal pada pengertian puasa jiwa ini. Meski demikian koruptor dapat berhasil pada pengertian mampu menahan makan dan minum. Anak muda boleh saja berlatih puasa hanya pada level satu saja. Tetapi orang dewasa, apalagi pejabat, wajib puasa sampai level kedua: puasa jiwa. Dengan demikian koruptor dapat hilang.

Ketiga, pengertian puasa adalah berpaling dari selain Allah. Ke mana pun kau hadapkan wajahmu di sanalah wajah Tuhanmu.

Sebenarnya masih ada beberapa kata yang mengusik benak saya di hari pertama ini: puasa, takwa, dan sabar. Di hari berikutnya bakal lebih banyak lagi yang mengusik. Biarlah sedikit demi sedikit saya menuangkan dalam tulisan.

Bagaimana menurut Anda?

aGus NGGERmanto

This entry was posted in sosial, Tuhan and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s