Stephen Hawking yang Keras Kepala

Saya pikir memang begitulah wataknya. Stephen Hawking memang keras kepala. Karena sikapnya itu justru Hawking terus melakukan penelitian tanpa henti.

Stephen Hawking adalah tokoh ahli fisika yang terhormat. Nama Hawking sering disejajarkan dengan raksasa fisika seperti Newton atau Einstein. Salut untuk Hawking.

Semalam, saya baru menyelesaikan buku karya Hawking yang terbaru: Grand Design. Buku inilah yang menampakkan sifat keras kepada Hawking. Namun buku ini tetap menarik. Bobot ilmiahnya tetap terjaga meski selingan humornya tidak kurang nakal juga.

Berikut adalah sikap keras kepala yang menarik, menurut saya.

1. Hawking menyatakan filsafat telah mati. Kini obor peradaban ada di tangan para ilmuwan – semacam dirinya. Saya setuju saja untuk poin ini khususnya bagi filsafat Barat. Sementara itu filsafat Timur masih terus hidup dan bertumbuh.

2. Kembalinya determinisme ilmiah. Bahkan kehendak bebas adalah determinisme kompleks yang belum dipahami saja menurut Hawking. Dalam hal ini saya menyarankan agar Hawking belajar seni atau studi psikologi kebahagiaan. Memang bila terlalu banyak belajar fisika seseorang akan cenderung determinisme ilmiah. Tetapi bila belajar seni maka akan lebih kaya.

3. Tidak perlu campur tangan Tuhan dalam penciptaan alam. Menurut saya ini juga karena Hawking terlalu banyak berurusan dengan konsep fisika belaka. Saya menyarankan agar Tuan Hawking ikut atau belajar dalam manajemen manusia. Maka tanda-tanda kehadiran Tuhan akan lebih jelas. Atau jika memungkinkan silakan jatuh cinta lagi. Tuhan akan hadir lebih jelas.

Karena tiga sikap di atas maka buku Hawking ini menjadi lebih menarik lagi. Dalam setiap pembahasannya Hawking akan dengan gigih membela ide-idenya. Meski buku ini tanpa rumus matematika tetap tidak mengurangi nilai ilmiahnya. Pemahaman matematis juga akan membantu untuk memahami buku ini dengan lebih baik.

Bagaimana menurut Anda?

Salam hangat…

aGus NGGERmanto

This entry was posted in sosial and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

4 Responses to Stephen Hawking yang Keras Kepala

  1. za says:

    Kata Hawking, “Surga adalah buat mereka yang takut kegelapan”. Bagaimana menurut Pak Ngger?

    Oh ya, boleh dong pinjam bukunya😉

  2. apiqquantum says:

    Beruntunglah orang-orang yang takut kegelapan dan selalu mencari jalan yang terang nan lurus.

    Boleh…bukunya dipinjam.

    Salam…

  3. Ivan says:

    Di atas tidak ada satu pun argumen yang langsung mematahkan argumen-argumen Hawking, atau saya mungkin salah baca dan ada yang terlewatkan?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s