Belajar Apa dari Yahudi (2)

Salah seorang teman saya kuliah di Amerika. Seperti kita tahu, banyak orang Yahudi di Amerika. Teman saya ini tinggal bersama keluarga Yahudi di sana. Berikut adalah apa yang dipelajari dari Yahudi.

“Konsep menang/menang tidak ada dalam kamus Yahudi,” kata orang Yahudi itu.

“Maksudnya?” tanya teman saya.

“Kami sering mempromosikan konsep menang/menang. Tetapi itu hanya iklan saja. Karena jika kami menang dan mereka menang maka mereka akan jadi pesaing kami. Itu bukan menang/menang.”

“Lalu konsep yang sebenarnya?” tanya teman saya.

“Yang benar adalah hanya kami yang menang dan lainnya harus hancur. Itu baru menang/menang sebenarnya,” orang Yahudi itu menjelaskan.

Bagaimana menurut Anda?

Salam hangat…

aGus NGGERmanto

This entry was posted in sosial and tagged , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Belajar Apa dari Yahudi (2)

  1. coekma says:

    kalau saya sepakat sekali dengan Yahudi itu… kita harus menang dan yang lain harus hancur… caranya adalah dengan persaingan usaha yang sehat dan halal. contoh : peningkatan pelayanan, peningkatan kualitas yang dijual, penyesuaian harga, peningkatan manajerial, pencarian lokasi usaha yang lebih strategis dll. kalau semua ok maka usaha kita akan meningkat dan otomaits pesaing akan “hancur” dengan sendirinya…

  2. bubud75 says:

    Menang/Menang atau Menang-Menang atau Menang-Menangan ? Sori bung kalau saya boleh berpendapat yang saya tahu konsep win-win solution adalah jika dalam pertikaian perlu ada penyelesaian maka solusi yang adil dan fair adalah mereka OK dan kami pun OK. Jadi intinya keseimbangan. Balance of Power. Salam hangat sesama Blogger.🙂

Leave a Reply

