Bocoran UN 2011 itu Akhirnya Memang Bocor

Meski tingkat pengamanan UN 2011, kabarnya, sudah ditingkatkan dengan sangat ketat tetap saja akhirnya UN 2011 itu bocor juga. Kita telah melihat dan mendengar bocoran UN 2011 ini melalui media elektronik atau media massa lainnya. Bahkan beberapa orang sempat bertemu langsung dengan orang yang berhubungan dengan bocoran.

Beberapa hari menjelang pelaksanaan UN 2011 SMA/SMK kita melihat pihak yang berwenang telah meningkatkan pengamanan dengan mengawal soal tersegel dengan pasukan polisi. Selama perjalanan sampai tujuan pun masih dikawal oleh polisi. Pokoknya pengamanannya super ketat.

Sedikit pertanyaan:

Bagaimana pengamanan sebelum masuk percetakan?

Bagaimana pengamanan selama pencetakan?

Bagaimana pengamanan setelah segel dibuka?

Berikut sedikit ilustrasi bocoran UN 2011. Putra, bukan nama sebenarnya, mendapat tawaran bocoran kunci UN seluruh kode dengan harga 1 juta rupiah satu minggu menjelang pelaksanaan UN. Putra tidak punya uang  1 juta. Setelah proses penawaran akhirnya disepakati harga 500 ribu untuk seluruh kode UN.

Putra juga masih belum punya uang 500 ribu. Putra mencoba menghubungi beberapa teman sekelas dan sekolahnya. Tidak lama kemudian dengan mudah terkumpul uang 550 ribu. Lumayan Putra mendapat untung 50 ribu rupiah.

Sesuai kesepakatan, Putra, menerima sms bocoran itu. Kemudian Putra menyebarkan ke beberapa temannya. Beberapa teman itu menyebarkan secara berantai ke temanlainnya. Semua teman dapat bocoran lengkap.

Anak-anak sekarang sudah cerdas. Meski sudah mendapat bocoran mereka tidak langsung menggunakan bocoran tersebut. Ketika UN mereka mengerjakan dulu sampai sekitar 10 soal. Bila 10 soal atau lebih bocoran itu adalah benar maka bocoran tersebut dapat dipercaya. Kenyataannya bocoran tersebut memang dapat dipercaya dan diandalkan.

Jadi jangan kaget bila nilai UN mereka selangit!

Beda lagi dengan Putri – bukan nama sebenarnya. Beberapa minggu menjelang UN 2011 Putri sudah dapat janji akan belajar kelompok membahas soal bocoran UN 2011. Hari Sabtu mereka membahas soal yang diujikan hari Senin. Hari Minggu mereka libur. Hari Senin mereka membahas soal UN yang diujikan hari Selasa. Begitu seterusnya.

Tanpa perlu sms bagi Putri. Dia dan teman-temannya masih ingat betul jawaban dan kunci yang telah mereka pelajari kemarin. Dan memang apa yang mereka pelajari kemarin sama persis dengan yang keluar dalam soal ujian UN 2011.

Putri dan teman-teman bersyukur, pasti dapat nilai UN yang tinggi.

Bagaimana menurut Anda?

Selamatkan Indonesia…!

aGus NGGERmanto

This entry was posted in sosial and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s