Langkah Blunder Obama: Perang Libya

Ketika Obama memenangkan kursi presiden beberapa tahun lalu banyak harapan yang terselip. Latar belakang Obama yang keturunan Afrika, pernah hidup di Asia (Indonesia), memercikkan harapan bahwa negara adi daya Amerika bakal sedikit memahami situasi negara lain. Apalagi Obama mulai menarik tentaranya dari Irak. Harapan semakin besar kepada Obama.

Tetapi dengan meletusnya perang Libya, harapan kepada Obama kian menipis. Awalnya, orang-orang bertanya bagaimana peran Obama terhadap agresi militer Amerika kepada Libya. Tidak ada informasi yang cukup saat itu. Dengan berjalannya waktu, informasi semakin terkuak. Obama ikut berperan aktif mengambil keputusan untuk agresi militer ke Libya.

Agresi militer ini memupuskan harapan perdamaian dunia. Untuk urusan dalam negeri Amerika sendiri, Obama tidak bakal mudah mempertanggungjawabkan agresi militer. Pertarungan kursi presiden untuk masa jabatan ke-2 tidak lagi mudah diraih Obama.

Di sisi lain, kekuatan Khadafy tampaknya lebih kokoh dari Saddam Hussein. Sehingga pihak Amerika dan sekutunya perlu modal lebih banyak untuk mengalahkan Khadafy. Belum lagi bila perang berlarut-larut, rakyat Libya juga akan berpikir panjang apakah akan mendukung oposisi atau mendukung Khadafy. Jika rakyat mulai mendukung Khadafy lagi maka akan sangat sulit menjatuhkan Khadafy.

Pihak Khadafy sendiri secara cerdik mulai mengusulkan perdamaian – gencatan senjata. Pihak Amerika tidak setuju dengan usul perdamaian karena Amerika mengharuskan rejim Khadafy bubar. Rakyat Libya dan dunia bertanya-tanya,

“Siapa yang menginginkan perang?”

“Siapa yang mengingingkan perdamaian?”

“Bingung, bingung ku memikirkannya,” kata Qasidah.

Bagaimana menurut Anda?

Salam hangat,

aGus NGGERmanto

This entry was posted in sosial and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s