Bocoran Ujian Nasional UN 2011 Tidak Dapat Dicegah

Bapak Menteri Diknas menjamin bahwa UN 2011 tidak akan bocor. Semua jalur sudah diperketat. Tahun 2010 Bapak Menteri juga sudah menjamin bahwa tidak akan terjadi bocoran UN. Tetapi seperti kita tahu 2010 terjadi bocoran UN. Bagaimana dengan bocoran UN 2011?

Saya telah berbulan-bulan lalu menulis bahwa UN 2011 pasti bocor. Saya melihat dari sisi pengamanan, teori konspiransi, dan juga statistik maka UN 2011 pasti bocor. Ditambah lagi pengamatan di lapangan akhir-akhir ini tidak menunjukkan arah sebaliknya. Semakin kuat saya menduga UN 2011 pasti bocor.

Solusinya bagaimana?

Saya juga sudah mengusulkan solusi bocoran UN ini bertahun-tahun lalu. Berikut ringkasan solusi saya.

1. Resmikan saja bocoran UN 2011 ini.

Dari berbagai macam sudut pandang filosofis tidak ada masalah substansial dengan bocoran. Jika bocoran itu resmi maka menjadi suatu yang cerdik. Tetapi jika bocoran itu tidak resmi maka bocoran tersebut menjadi curang, terlarang, dan dosa. Jadi resmikan saja bocoran UN itu.

2. Batalkan UN 2011.

Logikanya sederhana jika tidak ada UN 2011 maka tidak akan ada bocoran UN 2011. Konsekuensinya pihak Diknas harus mencari alternatif pengganti yang lebih bagus dari UN.

3. Banyak-banyaklah berdoa demi kebaikan pendidikan Indonesia.

Ujian Nasional bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan kita. Tetapi bila tidak dikelola dengan baik maka tujuan tidak akan tercapai bahkan dapat kontraproduktif. Saya sendiri melihat kerugian moral yang besar dari kasus bocoran UN yang tidak ditangani dengan baik.

Bagaimana menurut Anda?

Salam hangat,

aGus NGGERmanto

This entry was posted in sosial and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

6 Responses to Bocoran Ujian Nasional UN 2011 Tidak Dapat Dicegah

  1. Yudhi says:

    Bagaimana kalau membuat sebuah institusi legal penyedia bocoran UN dengan tarif subsidi silang ???

  2. Info says:

    Jika memang betul seperti itu, merupakan kebiasaan buruk,…bocorkan soal ujian..

  3. Quantum says:

    Inilah salah satu penyebab anak bangsa tidak pernah cerdas…Soal ujian bocor

  4. Hussain Bumulo says:

    Yah, mau bilang apalagi, di TV berkali-kali ditayangkan gimana terjadi kebocoran dan tidak pernah ada yang ditangkap dan diadili karena membocorkan RAHASIA NEGARA; tapi kenapa soal Test masuk PTN tidak pernah bocor, hayoo mas NgGermanto beri komentar !! Yang paling dirugikan yang tidak terlibat dan kalah nilainya dengan yang dapat bocoran, cuma akhirnya akan nampak saat di PTN, itupun lagi2 terlihat di PTN klas atas

  5. gusngger says:

    Betul P Hussain,

    Test masuk PTN memang tidak akan bocor.
    Secara teori konspirasi, bila test PTN bocor maka PTN mengalami kerugian yaitu tidak mendapatkan mahasiswa sesuai persyaratan. Karena itu PTN berusaha untuk menjaga rahasia test PTN.

    Bila ada pihak yang secara sengaja membocorkan test PTN maka ia berhadapan langsung melawan PTN. Tuntutan hukum jelas. Jadi test PTN dapat dijaga tidak bocor.

    Tetapi UN berbeda. Bila UN bocor maka nilai UN menjadi tinggi. Semua pihak senang termasuk menteri dan presiden. Siswa dan orang tua tentu juga senang. Sama sekali tidak ada pihak yang dirugikan dengan bocornya UN (kecuali hati kecil yang menangis pilu). Secara teori konspirasi UN pasti bocor.

    Mari selamatkan masa depan pendidikan Indonesia!

    Salam…

    • Hussain Bumulo says:

      Karena smua senang dengan bocoran UNAS, maka jangan harap prestasi anak2 akan meningkat dan orang tua slalu tertipu oleh nilai anak2nya yang “aduhai”; syukur di PTN klas atas mereka akan tersaring, kalau toh bisa masuk karena ………, biasanya akan jadi calon dropout setelah 2 – 4 semester; mereka yang terbuai oleh bocoran soal dan “sukses” biasanya akan nampak di masa depan, kecuali mereka sadar akan kekurangannya, Wasaalam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s