Menghancurkan Peradaban dengan Agresi Militer

Meski tampaknya manusia kini semakin beradab tetapi kembali mundur lagi. Amerika Serikat dan sekutu kembali menarik mundur peradaban manusia dengan serangan agresi meliternya ke Libya beberapa hari ini.

Beberapa tahun lalu, Amerika Serikat dan sekutunya juga menghancurkan Irak dengan agresi militer. Bukan hanya Irak dan Baghdadnya yang hancur. Tetapi nilai-nilai manusia beradab di atas dunia ini telah hancur.

Apalagi yang bisa kita hormati?

Bila mereka yang berkuasa mempunyai senjata dapat menyerang begitu saja? Tentu saja mereka telah menyiapkan segudang alasan yang seperti masuk akal. Misal mereka menuduh Saddam memiliki senjata pemusnah massal. Ternyata tudahan ini tidak terbukti sama sekali. AS salah dalam agresi militer ke Irak.

Tetapi kali ini AS dan sekutunya kembali mengulangi kesalahan yang sama dengan menyerang Libya. Tentu saja AS sudah mengantongi ijin menyerang dari PBB. Dapatkah semua dipertanggung-jawabkan?

Tidak! Agresi militer tidak dapat dibenarkan. Apalagi merupakan intervensi ke negara berdaulat.

Saya yakin tidak seluruh rakyat AS mendukung serangan militer. Banyak rakyat AS yang mendukung perdamaian. Banyak di antara mereka yang mengutuk agresi militer. Bahkan di antara anggota militer AS pun pasti juga terjadi kontra. Banyak di antara mereka yang menentang agresi.

Wahai AS yang sedang berkuasa… sadarlah…! Gunakan kekuasaan untuk menjaga perdamaian bukan untuk menghancurkan. Gunakan kekuasaan untuk melindungi yang lemah bukan menginjak-injaknya.

Bagaimana menurut Anda?

Salam…

agus Nggermanto

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Menghancurkan Peradaban dengan Agresi Militer

  1. angger says:

    Mari ikut serta menjaga perdamaian dunia!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s